Kakanwil Prop. Riau hadiri Perpisahan kelas IX Tahun Pelajaran 2017.

MADRASAH LEBIH BAIKAndalan News (Jumat,19 Mei 2017) – Di halaman kampus MTsN 1 Pekanbaru dihari Kamis (18/05) melepas siswa/i kelas IX. Sebanyak 314 orang siswa siswi MTsN 1 mengikuti acara pelepasan dan menunggu saat pengumuman hasil Ujian Nasional Kertas Pencil (UNKP).Hadir pada acara tersebut , dilanjutkan dengan tari persembahan dan syair yang dibawakan oleh siswia/i kelas IX. Kepala Kanwil Kemenag Riau H Ahmad Supardi MA, Kepala Kankemenag Kota Pekanbaru Drs H Edward,S.Umar , Kepala Tata Usaha Drs H Dahlan MA, Ketua Komite Sekolah DR H Syafriadi M Hum, Ketua Dharma wanita Kanwil Kemenag Riau Ibu Dra.Maryam, M.Pd. Kepala MTsN 1 Darusman S, S.PdI, M.Pd , Kepala TU MTsN Turmudi dan segenap undangan orangtua murid kelas VII,VIII dan IX, majelis guru, staff karyawan dan seluruh siswa MTs N 1 Pekanbaru.

1

Dalam kata sambutannya Kakanwil Kemenag Riau H Ahmad Supardi mengakui sangat apresiatif terhadap upaya yang telah dilakukan oleh komite sekolah MTsN 1 selama ini, sehingga bisa menjadi contoh bagi madrasah/ sekolah lain yang ada di Provinsi Riau. “Karena gernerasi sekarang adalah cerminan generasi terdahulu, kesuksesan anak juga kesuksesan orang tua,makanya orang tua mengupayakan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi agar lebih sukses dari orang tuanya”, jelasnya.Dilihat dari besarnya minat masyarakat pada setiap tahun semakin meningkat untuk mendaftarkan anak anak mereka ke madrasah ,Kakanwil mengingatkan kepada pihak Madrasah untuk mengelola dan meningkatkan mutu secara kwalitas maupun kwantitas.terbukti dengan “Baru satu hari pendaftaran dibuka, jumlah siswa yang mendaftar sudah mencapai 750 orang ungkapnya. Bahkan hingga enam hari berikutnya, pendaftaran yang terinput menurut perkiraan saya bisa mencapai 3000 orang siswa yang mendaftar ke madrasah. Sementara daya tampung sekolah kita hanya berkisar 300 orang. itu berarti, sambungnya hanya 10 persen total peminat yang bisa diterima dimadrasah ini, terangnya.Kakanwil juga menambahkan agar ada progress terhadap peningkatan infrastruktur gedung MTsN 1 dengan menambah satu lantai lagi, berarti kita masih akan bisa menambah 150 orang siswa lagi kedepan, ucapnya. Harapan ini semoga bisa direalisasikan di masa datang. Meskipun biaya operasional yang harus dibayarkan untuk keperluan gaji pegawai dan guru, bantuan siswa miskin, dan bantuan teknis lainnya yang terkait dengan masdrasah ini juga sangat banyak. Semoga upaya dan gerakan kita bersama pihak terkait lainnya dapat membuahkan progress yang signifikan, harapnya.

menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan pelepasan yang rutin tiap tahun digelar tersebut. Ia berpesan agar para orangtua, wali murid dan siswa yang akan meninggalkan sekolah ini untuk tidak lupa selalu bersyukur kepada Allah Swt, ternyata dari sekian banyak yang ingin menyekolahkan anaknya ke madrasah ini, sekian banyak ingin belajar disini, alhamdulillah bapak dan ibu diberi kesempatan kepada anak anak kita untuk menuntut ilmu di madrasah ini selama tiga tahun. “Kepada siswa/i yang ingin meninggalkan sekolah, bapak berpesan agar siswa/i melanjutkan pendidikan ke madrasah aliyah ataupun sekolah lainnya, sekolah setinggi tingginya. Pendidikan saat ini tak cukup dengan mengandalkan ijazah MTs, MA, minimal Sarjana, tekannya kepada seluruh yang hadir.

DSC_0214
Kakanwil Kemenag Prop.Riau, bapak H. Ahmad Supardi M.A memberikan kata sambutan

Tak lupa juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Drs H Edward,S.Umar menyampaikan syarat yang harus dimiliki Madrasah yaitu Madrasah harus memiliki program Adhiwiyata, Madrasah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara Fullday, Madrasah menjalankan program Tahfidz Qur’an, oleh sebab itu pihak madrasah diminta untuk mencari guru tahfidz Qur’an.

DSC_0210
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Drs H Edward,S.Umar menyampaikan syarat yang harus dimiliki Madrasah

Kepala MTsN 1 Pekanbaru, Darusman S. S.PdI, M.Pd menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa Madrasah baru saja selesai melaksanakan UN yang menggunakan Kertas Pensil, Penerimaan Peserta Dididik Baru secara online.Dan minggu-minggu ini masih melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas semester Genap. Beliau mengingatkan kepada seluruh siswa siswa agar giat belajar dan memiliki cita-cita dengan terus melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Acara perpisahan kelas IX tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kepanitiaan dilaksanakan oleh Komite MTsN 1 Pekanbaru.

DSC_0225
Kepala MTsN 1 Darusman S, s.PdI, M.Pd bersama Kakanwil Prop. Riau dan Kakankemenag Kota Pekanbaru.

(Eshaye)